Apa sih enaknya main Bass?

Bass adalah alat musik ritmik pengatur ketukan dalam sebuah lagu. Klo diibaratin dalam sepakbola seorang bassist adalah playmaker merangkap gelandang bertahan(keren kan?! 😎 )

Alasannya, beat dalam sebuah lagu itu amat sangat ditentukan oleh jari-jemari sang bassist… selain itu bassist ‘bertanggung jawab penuh’ terhadap keren atau enggaknya performance sebuah band ❗ Misalnya nih, ketika sedang manggung trus ditengah-tengah lagu bassist salah ngasih nada, biasanya sang vokalis kebawa fals 😛 coz tumpuan nadanya salah(to tell you the truth, ini salah satu tips untuk menghancurkan citra vokalis yang kita benci! 😈 tapi dijamin citra kita sebagai seorang bassist pun pasti lebih ancur hehehe…) dan hal inipun kadang berlaku juga ketika sang gitaris unjuk kebolehan(solo), ketika bass salah ngasih nada, solo sang gitaris pun suka kebawa-bawa nyasar 😛 karena itulah bassist dituntut untuk selalu menjaga ritmik dan nada, biar tuh lagu tetep nge-groove dan enggak bikin susah bandmates

Meskipun biasanya dalam sebuah band, sosok bassist kurang ‘menonjol’ ketimbang vokalis ato gitarisnya, tapi kehadiran bassist ini sangat vital dalam sebuah band…Beberapa orang kadang menganggap remeh posisi ‘bassist’… tapi tahukah kita, beberapa bassist dunia pun awalnya ahli maenin alat musik lain!! Mereka memutuskan untuk banting setir menjadi bassist karena di posisi ini mereka bisa lebih bertanggung jawab dalam lagu…selain itu mereka lebih bisa mengkombinasikan skill, feel dan touch-nya dalam beat sebuah lagu!!(so, mau diremehin dari sisi apanya lagi coba?! :mrgreen: )

Tapi masih banyak juga bassist yang salah pengertian…harus kita ingat bahwa bassist pun salah satu personil dalam sebuah band ❗ enggak sedikit kita lihat band-band yang bassistnya selalu ingin ‘menampilkan’ ego-nya diatas panggung 😕 udah ngerasa ‘bisa’, mereka unjuk skill sepanjang lagu hingga melupakan beatnya!! 👿 trus karena masih belum puas, master volume&gain mereka gedein biar audience pada denger kalo skill mereka emang yahud, tapi yang ada malah nutupin sound personel lain 👿 … hmmmm, nyadar ga ya mereka klo hal kayak gini adalah satu kesalahan yang fatal, karena dengan terlalu egoisnya sang bassist, maka ampe kapanpun tuh band ga bakalan enak didengerin gara-gara bassistnya kamsuy hahaha…(no offense)

Sebenernya sih bebas-bebas aja…ga ada yang larang koq bassist memperlihatkan skillnya, tapi semua itu ada waktu dan tempatnya…jika situasinya memungkinkan untuk unjuk kebolehan why not? Jangan dilama-lamain lagi!! biar semua orang tau klo kita emang bassist jempolan 😎

Satu kepuasan yang tak pernah ternilai ketika menjadi bassist adalah, ketika ‘kerja apik’ kita bersama drummer(all bassist best friend 😉 ) serta dukungan rekan band lainnya, mampu menyihir dan membius penonton (bahkan diri kita sendiri) untuk ikut enjoy, bergoyang, bernyanyi dan menjiwai lagu sesuai dengan ritme yang kita bawain…(rasanya bagaikan kita baru jadian loh, seru banget!! 😀 )

About ierwan123

kekurangan saya cuma satu, saya ga punya kelebihan... itu aja (^_^)

One response »

  1. Misi oom.. numpang liwat.. *ngacir*
    Gw dulu main drum.. tapi cuman setingkat erte 😦 😦

    nama bandnya apa?

    irwan :
    hello… 😀
    keren donk, kl udah jadi dramer setingkat RT 😎
    dulu aj gw pengen jadi bassist se-gang, mesti berkorban abis-abisan hihihi… skrg msh maen?

    hmmm….apa ya nama band’y? 😛

    Reply

Leave a comment